26 December 2013

CONTOH PENYUSUNAN KISI-KISI INSTRUMEN EVALUASI

A. Pendahuluan

Kisi-kisi instrumen merupakan pedoman atau panduan dalam merumuskan pertanyaan-pertanyaan instrumen yang diturunkan dari variabel evaluasi yang akan diamati. Baik, agar lebih mudah dipahami kita gunakan contoh penyusunan kisi-kisi instrumen evaluasi pada contoh kasus evaluasi ketersediaan sarana prasarana penyuluhan pertanian dan pemanfaatannya.


B. Kisi-kisi Instrumen

Kisi-kisi instrumen biasanya dibuat dalam bentuk matrik atau tabel yang berisi variabel, dimensi, indikator dan butir-butir pertanyaan yang akan digunakan untuk mengevaluasi sesuatu. Supaya mudah dipahami langsung pada contoh saja.
  1. Tujuan Evaluasi : Mengetahui Ketersediaan sarana prasarana penyuluhan pertanian dan pemanfaatannya di BPP Kecamatan Busang
  2. Permasalahan : (a) sejauh mana ketersedian sarana penyuluhan pertanian di BPP Kecamatan Busang telah dipenuhi, (b) sejauh mana efektivitas ketersedian prasarana penyuluhan pertanian di BPP Kecamatan Busang telah dipenuhi, (c) Bagaimana efektivitas penggunaan sarana prasarana penyuluhan pertanian tersebut.
  3. Variabel evaluasi : Ketersediaan sarana prasarana penyuluhan pertanian dan pemanfaatannya di BPP Kecamatan Busang.
Dari kajian literatur yang dilakukan (baca Permentan Nomor : 51 Tahun 2009) ternyata dimensi sarana prasarana penyuluhan pertanian terdiri dari :
  1. Ketersediaan sarana penyuluhan, dengan indikator : (a) Tersedianya sarana alat informasi (komputer, modem, display, kamera, handycam, telepon dan mesin fax), (b) Tersedianya alat bantu penyuluhan (overhead projector, LCD, sound system, TV/VCD/tape recorder, whiteboard), (c) Tersedianya peralatan administrasi (komputer, printer, power supply, mesin tik, kalkulator, brankas, rak buku), (d) Tersedianya kendaraan operasional roda 2 bagi PPL PNS, (e) Tersedianya buku dan hasil publikasi, (e) Tersedianya mebeulair (meja+kursi kerja, meja+kursi rapat, meja+kursi latihan, meja+kursi perpustakaan, meja+kursi makan, rak buku perpustakaan, lemari buku+arsip, peralatan makan/minum, peralatan dapur).
  2. Ketersediaan prasarana penyuluhan, dengan indikator : (a) Tersedianya ruangan yang memadai (ruang pimpinan, TU/administrasi, kelompok jabatan fungsional, aula/rapat, perpustakaan, ruang data dan informasi, ruang pameran/peraga, kamar mandi, dapur, gudang), (b) Tersedianya rumah dinas kepala BPP, (c) Tersedianya tempat parkir, (d) Tersedianya penerangan/PLN yang memadai, (e) Adanya jalan lingkungan menuju BPP, (f) Adanya pagar halaman, (g) Tersedianya lahan percontohan.
  3. Pemanfaatan sarana prasarana penyuluhan, dengan indikator : (a) Pusat Informasi dimanfaatkan untuk mengakses informasi berkaitan dengan hasil hasil peneiitian, menyediakan database penyuluhan pertanian dan tempat melakukan kegiatan penyuluhan, (b) Alat bantu penyuluhan dimanfaatkan untuk melakukan proses pembelajaran dalam rangka pelaksanaan kegiatan penyuluhan, (c) Peralatan Administrasi dimanfaatkan untuk kegiatan surat menyurat, dalam rangka pelaksanaan kegiatan penyuluhan, (d) Alat transportasi dimanfaatkan untuk memperlancar operasionalisasi kegiatan penyuluhan, (e) Buku dan Hasil Publikasi dimanfaatkan untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja penyuluh pertanian antara lain dalam penyusunan materi penyuluhan, (f) Mebeulair dimanfaatkan untuk menyelenggarakan dan melaksanakan kegiatan penyuluhan pertanian, (g) Ruangan dimanfaatkan untuk melaksanakan aktivitas dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan kegiatan penyuluhan pertanian, (h) Lahan percontohan dimanfaatkan untuk melakukan budidaya tanaman/ternak dalam penerapan teknologi baru, (i) Rumah dinas dimanfaatkan untuk tempat tinggal pimpinan kelembagaan penyuluhan, (j) Sumber Air bersih dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan dan pelaksanaan kegiatan penyuluhan pertanian, (k) Penerangan (PLN/genset) dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan dan pelaksanaan kegiatan penyuluhan pertanian.
Berdasarkan variabel, dimensi dan indikator yang telah kita ketahui disusun kisi-kisi instrumen sebagai berikut :
Dimensi
Indikator
Butir Penyataan/Pertanyaan
Sarana Penyuluhan Tersedianya sarana alat informasi (komputer, modem, display, kamera, handycam, telepon dan mesin fax). Alat informasi (komputer, modem, display, kamera, handycam, telepon dan mesin fax) tersedia.
Tersedianya alat bantu penyuluhan (overhead projector, LCD, sound system, TV/VCD/tape recorder, whiteboard). Alat bantu penyuluhan (overhead projector, LCD, sound system, TV/VCD/tape recorder, whiteboard) tersedia.
Tersedianya peralatan administrasi(komputer, printer, power supply, mesin tik, kalkulator, brankas, rak buku). Peralatan administrasi (komputer, printer, power supply, mesin tik, kalkulator, brankas, rak buku) tersedia.
Tersedianya kendaraan operasional roda 2 bagi PPL PNS. Kendaraan operasional roda 2 bagi PPL PNS tersedia.
Tersedianya buku dan hasil publikasi. Buku dan hasil publikasi tersedia.
Tersedianya mebeulair (meja+kursi kerja, meja+kursi rapat, meja+kursi latihan, meja+kursi perpustakaan, meja+kursi makan, rak buku perpustakaan, lemari buku+arsip, peralatan makan/minum, peralatan dapur). Mebeulair (meja+kursi kerja, meja+kursi rapat, meja+kursi latihan, meja+kursi perpustakaan, meja+kursi makan, rak buku perpustakaan, lemari buku+arsip, peralatan makan/minum, peralatan dapur) tersedia.
Prasarana Penyuluhan Tersedianya ruangan yang memadai (ruang pimpinan, TU/administrasi, kelompok jabatan fungsional, aula/rapat, perpustakaan, ruang data dan informasi, ruang pameran/peraga, kamar mandi, dapur, gudang). Ruangan yang memadai (ruang pimpinan, TU/administrasi, kelompok jabatan fungsional, aula/rapat, perpustakaan, ruang data dan informasi, ruang pameran/peraga, kamar mandi, dapur, gudang) tersedia.
Tersedianya rumah dinas kepala BPP. Rumah dinas kepala BPP tersedia.
Tersedianya tempat parkir. Tempat parkir tersedia.
Tersedianya penerangan/PLN yang memadai. Penerangan/PLN yang memadai tersedia.
Adanya jalan lingkungan menuju BPP. Jalan lingkungan menuju ke BPP tersedia
Adanya pagar halaman. Pagar halaman ada.
Tersedianya lahan percontohan. Lahan percontohan tersedia.
Pemanfaatan sarana prasarana penyuluhan Dimanfaatkannya pusat informasi untuk : (a) mengakses informasi berkaitan dengan hasil hasil penelitian, (b) menyediakan database penyuluhan pertanian dan, (c) tempat melakukan kegiatan penyuluhan. Pusat Informasi dimanfaatkan untuk : (a) mengakses informasi berkaitan dengan hasil hasil penelitian, (b) menyediakan database penyuluhan pertanian dan, (c) tempat melakukan kegiatan penyuluhan.
Dimanfaatkannya alat bantu penyuluhan untuk melakukan proses pembelajaran dalam rangka pelaksanaan kegiatan penyuluhan . Alat bantu penyuluhan dimanfaatkan untuk melakukan proses pembelajaran dalam rangka pelaksanaan kegiatan penyuluhan.
Dimanfaatkan peralatan administrasi untuk kegiatan surat menyurat, dalam rangka pelaksanaan kegiatan penyuluhan. Peralatan Administrasi dimanfaatkan untuk kegiatan surat menyurat, dalam rangka pelaksanaan kegiatan penyuluhan.
Dimanfaatkannya alat transportasi untuk memperlancar operasionalisasi kegiatan penyuluhan. Alat transportasi dimanfaatkan untuk memperlancar operasionalisasi kegiatan penyuluhan.
Dimanfaatkan buku dan hasil publikasi untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja penyuluh pertanian antara lain dalam penyusunan materi penyuluhan. Buku dan Hasil Publikasi dimanfaatkan untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja penyuluh pertanian antara lain dalam penyusunan materi penyuluhan.
Dimanfaatkannya mebeulair untuk menyelenggarakan dan melaksanakan kegiatan penyuluhan pertanian. Mebeulair dimanfaatkan untuk menyelenggarakan dan melaksanakan kegiatan penyuluhan pertanian.
Dimanfaatkannya ruangan untuk melaksanakan aktivitas dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan kegiatan penyuluhan pertanian. Ruangan dimanfaatkan untuk melaksanakan aktivitas dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan kegiatan penyuluhan pertanian.
Dimanfaatkannya lahan percontohan untuk melakukan budidaya tanaman/ternak dalam penerapan teknologi baru. Lahan percontohan dimanfaatkan untuk melakukan budidaya tanaman/ternak dalam penerapan teknologi baru.
Dimanfaatkannya rumah dinas untuk tempat tinggal pimpinan kelembagaan penyuluhan. Rumah dinas dimanfaatkan untuk tempat tinggal pimpinan kelembagaan penyuluhan.
Dimanfaatkannya sumber air bersih untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan dan pelaksanaan kegiatan penyuluhan pertanian. Sumber Air bersih dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan dan pelaksanaan kegiatan penyuluhan pertanian.
Dimanfaatkannya penerangan (PLN/genset) untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan dan pelaksanaan kegiatan penyuluhan pertanian. Penerangan (PLN/genset) dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan dan pelaksanaan kegiatan penyuluhan pertanian.


Butir-butir instrumen dapat berbentuk pertanyaan maupun berbentuk penyataan. Biasanya butir instrumen dibuat terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok butir positif dan kelompok butir negatif. Demikian sekilas pembahasan mengenai penyusunan kisi-kisi instrumen, semoga bermanfaat.


Sumber Bacaan :


  • Dewi Juliah Ratnaningsih, 2013. PENGEMBANGAN KISI-KISI INSTRUMEN, http://www.ut.ac.id/html/suplemen/mmpi5202/indeks.html, diakses pada tanggal 21 Desember 2013.
  • Deptan, 2009. PERMENTAN NOMOR : 51 TAHUN 2009, www.deptan.go.id/.../Permentan51_52/SK_PERMENTAN_51.pdf‎, diakses pada tanggal 21 Desember 2013.