26 December 2013

BELAJAR MENYUSUN INSTRUMEN EVALUASI PENYULUHAN

A. Pendahuluan

Mardikanto (2009) menyatakan bahwa evaluasi sebagai kegiatan sistematis yang dimaksudkan untuk melakukan pengukuran dan penilaian terhadap sesuatu obyek berdasarkan pedoman yang telah ada. Masalahnya sekarang saat seorang penyuluh ingin melaksanakan evaluasi penyuluhan belum banyak instrumen baku yang tersedia. Maka untuk menyikapinya mau tidak mau instrumen tersebut harus dibuat sendiri dan kemudian dikembangkan sendiri untuk dibakukan sehingga menjadi instrumen yang layak sesuai fungsinya.
Orang bilang, menyusun instrumen evaluasi itu sulit, ya tentu saja sulit, tak ada sesuatu yang benar-benar mudah dilakukan jika kita tak pernah mau belajar melakukannya. Jadi sebenarnya hanya masalah bagaimana cara menyikapi kesulitan tersebut saja, jika mau belajar dan mencobanya tentu menyusun instrumen evaluasi bukan suatu yang terlalu sulit.

B. Pengertian Instrumen

Instrumen adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam suatu penelitian dan penilaian. Instrumen merupakan alat ukur yang digunakan untuk mendapatkan informasi kuantitatif dan kualitatif tentang variasi karakteristik variabel penelitian secara objektif. Sedangkan menurut Djaali dan Muljono, instrumen adalah suatu alat yang memenuhi persyaratan akademis, yang dapat dipergunakan sebagai alat untuk mengukur suatu objek ukur atau mengumpulkan data mengenai suatu variabel. Instrumen memegang peranan penting dalam menentukan mutu suatu penelitian (evaluasi) dan penilaian. Fungsi instrumen adalah mengungkapkan fakta menjadi data.
Untuk mengumpulkan data penelitian dan penilaian, seseorang dapat menggunakan instrumen yang telah tersedia atau biasa disebut instrumen baku (standardized) dan dapat pula dengan instrumen yang dibuat sendiri. Jika instrumen baku tersedia maka seseorang dapat langsung menggunakan instrumen tersebut namun jika instrumen tersebut belum tersedia atau belum baku maka seseorang harus dapat mengembangkan instrumen buatan sendiri untuk dibakukan sehingga menjadi instrumen yang layak sesuai fungsinya.

C. Langkah-Langkah Menyusun Instrumen

Langkah-langkah menyusun instrumen penelitian, sebagai berikut :
  1. Lakukan pengkajian literatur sebanyak mungkin terkait dengan variabel atau masalah yang ingin diteliti
  2. Dari sekian banyak teori yang ada dalam literatur yang dibaca, tidak semuanya dipasang dalam landasan teori, tetapi dipilih teori yang mana paling sesuai untuk digunakan dalam penelitian atau evaluasi.
  3. Dari teori-teori yang diperoleh melalui kajian literatur tersebut, di dalamnya pasti menyangkut unsur atau elemen atau dimensi-dimensi yang membangun teori tersebut, misalnya tentang efektivitas ketersediaan sarana prasarana penyuluhan pertanian. efektivitas ketersediaan sarana prasarana penyuluhan pertanian ini memiliki dimensi-dimensi yang membangunnya (Permentan Nomor : 51 Tahun 2009) seperti : (a) ketersediaan sarana penyuluhan, (b) ketersediaan prasarana penyuluhan, dan (c) pemanfaatan sarana prasarana penyuluhan.
  4. Jabarkan dimensi-dimensi tersebut ke dalam sub dimensi atau indikator-indikator (penunjuk).
  5. Setelah itu buatlah pertanyaan untuk masing-masing indikator. Ke lima langkah ini sebenarnya sama dengan langkah menyusun kisi-kisi instrumen. Nah itu dia, sebelum menyusun instrumen jangan lupa, agar pekerjaan membuat instrumen lebih terarah dan terukur, buatlah dulu kisi-kisi (rancangan) instrumennya.
  6. Selanjutnya lakukan uji validitas dan reliabilitas terhadap tes atau kuesioner yang sudah dibuat pada point 5. Validitas adalah kemampuan alat ukur (instrumen) untuk mengukur apa yang hendak diukur dalam hal ini efektivitas metode siaran radio, sedangkan reliabilitas adalah keajegan, ketetapan, alat ukur bila digunakan untuk mengukur hal yang sama pada kondisi atau tempat yang berbeda.
Dari point 6, akan diketahui mana soal yang baik dan tidak baik, soal-soal yang baik inilah yang akan digunakan sebagai instrumen dalam penelitian/evaluasi yang akan dilakukan. Bagaimana contoh aplikasi dari apa yang telah dibahas dalam tulisan ini silahkan baca "CONTOH PENYUSUNAN KISI-KISI INSTRUMEN EVALUASI"
Sumber Bacaan :


  • Dewi Juliah Ratnaningsih, 2013. PENGEMBANGAN KISI-KISI INSTRUMEN, http://www.ut.ac.id/html/suplemen/mmpi5202/indeks.html, diakses pada tanggal 21 Desember 2013.
  • Muhammad Ali Gunawan, 2009. CARA MUDAH MENYUSUN INSTRUMEN PENELITIAN, http://forumpenelitian.blogspot.com/2009/10/cara-mudah-menyusun-instrumen.html, diakses pada tanggal 21 Desember 2013.