12 June 2013

MEMILIH METODE EVALUASI PENYULUHAN PERTANIAN

MEMILIH METODE EVALUASI PENYULUHAN PERTANIAN

Aturan dasar evaluasi di sini adalah bahwa pemilihan metode mengikuti pemilihan fokus, bukan sebaliknya. Setiap pertanyaan evaluasi harus diperiksa dalam hubungannya dengan apa yang akan merupakan bukti untuk menjawabnya. Uraian singkat berikut tentang metode pengumpulan data, meskipun tidak terlalu lengkap, namun setidaknya dapat digunakan sebagai toolkit untuk berbagai keadaan. Daftar ini meliputi analisis dokumen, observasi, wawancara, survei, focus group committees, kunjungan lapangan dan wisata, permainan peran, peta, studi kasus, field trial documentation.

1.  Document Analysis
Analisis Dokumen (Document Analysis). Contohnya termasuk risalah rapat, korespondensi, catatan anggaran, catatan lokakarya, makalah peserta, dan laporan surat kabar, untuk beberapa nama. Ini dapat diperlakukan sebagai data, dianalisis untuk konten, dan diringkas dalam kaitannya dengan pertanyaan, termasuk tingkat input ke dalam program; tingkat partisipasi, sifat tujuan dan kegiatan, dan tema tentang masalah, kekhawatiran, harapan, dan arah baru. Tema dari dokumen dapat menjadi sumber informasi yang kredibel. Dokumen-dokumen biasanya tidak mengungkapkan motivasi peserta atau pengalaman subyektif. Namun, dokumen sering mengungkapkan kesulitan operasi program.

 2.  Observations
Pengamatan (Observations). Pengamat bisa orang luar atau orang-orang yang terlibat dalam kegiatan penyuluhan. Pengamat biasanya diberi daftar pendek item yang mungkin termasuk tingkat partisipasi dan interaksi pribadi, indikator nonverbal kepentingan atau perhatian, peran kepemimpinan, tingkat kinerja, dan indikator konflik. Data kualitatif dan kuantitatif dapat dikumpulkan. Temuan dapat disampaikan atau dilaporkan kepada sasaran secara keseluruhan untuk memulai proses reflektif tentang apa yang mungkin perlu diubah, atau dapat digunakan sebagai bukti metode sukses atau hasil belajar (Worden & Neumaier, 1987). Pengamatan proses dan hasil dapat direkam dengan video atau foto dokumentasi. ini adalah bentuk data cara grafis yang sangat kuat untuk mengkomunikasikan sifat program dan hasil-hasilnya kepada pemegang kebijakan. Video tentang pengetahuan lokal para petani juga dapat digunakan untuk membantu mereka merefleksikan kekuatan dan keterbatasan pengetahuan mereka.

3.   Interviews
Wawancara (Interviews) Wawancara mungkin merupakan metode yang paling banyak digunakan untuk evaluasi program, termasuk evaluasi penyuluhan. Wawancara dengan informan kunci dan perwakilan petani yang cocok untuk menggali masalah secara mendalam. Jika pertanyaan yang standar, tanggapan dapat ditabulasikan secara numerik untuk menunjukkan item kekuatan. Jika pertanyaan dalam bentuk pertanyaan terbuka, tanggapan unik dan mendalam dapat dihasilkan, yang pada gilirannya dapat memberikan informasi mengenai alasan mengapa kegiatan dipandang berbeda oleh beragam kelompok sasaran. Kelebihan dari wawancara adalah petani yang buta huruf juga dapat berpartisipasi secara penuh melalui wawancara. 

 4.  Group interviews
Wawancara kelompok (Group interviews)  kadang-kadang disebut kelompok fokus, dapat dibentuk sesuai dengan lokasi geografis atau jenis pertanian untuk membahas pertanyaan-pertanyaan evaluasi khusus. Kadang-kadang kelompok mungkin sudah ada. Di lain waktu kelompok-kelompok baru dapat dibentuk hanya untuk evaluasi. Tujuannya bukan hanya untuk menghasilkan penilaian yang menggunakan kriteria disepakati, tetapi juga untuk mengungkap hasil yang tak terduga, aplikasi, peluang, dan masalah untuk menginformasikan upaya penyuluhan masa depan. Suatu komunitas dapat merekonstruksi sejarah, kronologi kejadian, krisis, titik balik, prestasi, dan sebagainya. Papan tulis, dan gambar dapat mewakili tonggak atau keputusan. Seni melakukan wawancara kelompok dapat dipelajari. Banyak anggota masyarakat memiliki bakat untuk ini dan lebih mungkin daripada staf lembaga untuk membangkitkan tanggapan otentik. Subkelompok sering diperlukan untuk mendengarkan suara-suara yang tidak mungkin untuk didengar dalam kelompok yang hanya didominasi oleh beberapa orang.

5.  Surveys
Survei (Surveys). Survei adalah bentuk yang lebih standar untuk pengumpulan data yang dengan menggunakan kuesioner yang telah disiapkan. Di sebagian besar dunia, survei petani di daerah pedesaan harus dilakukan dengan wawancara menggunakan pewawancara yang paham dan tahu akan wilayah, bahasa, dan budaya responden. Kadang-kadang survei dapat diberikan pada saat rapat atau pertemuan publik, namun, tanggapan harus diperlakukan sebagai "sample peluang," daripada sebagai "sampel acak," dan karena itu generalisasi dari temuan untuk populasi yang lebih besar terbatas. Survei sering digunakan untuk mengevaluasi sejauh mana praktik, estimasi hasil produksi, preferensi untuk teknologi tepat guna, dan harapan tentang masa depan. Survey paling baik digunakan dengan populasi homogen ketimbang dengan populasi cukup beragam karena kuesioner standar cenderung peka terhadap keragaman. Evaluasi praktik dan adaptasi jenis petani yang beragam paling baik dilakukan melalui wawancara dan observasi.

6.  Field Visits and Tours
Kunjungan lapangan dan Tours (Field Visits and Tours). Tidak ada pengganti sebenarnya untuk kunjungan lapangan dan wisata untuk memberikan keaslian dan realitas kondisi, keterbatasan, dan dampak dari program penyuluhan. Tim evaluasi yang terdiri dari petani lokal, penyuluh, administrator, penyandang dana, dan evaluator eksternal memberikan keseimbangan dan pembelajaran interaktif mengenai perspektif yang berbeda. Anggota tim dapat melakukan observasi dan wawancara serta belajar dari satu sama lain tentang temuan mereka selama perjalanan. Dapat dilakukan dengan pembagian tugas sehingga pengetahuan khusus mengenai aspek tertentu dari situasi yang ada dapat dikumpulkan. Beberapa anggota tim dapat fokus pada aspek ekonomi, sosial, dan budaya, sementara yang tim lain fokus pada aspek teknis. Membandingkan data, analisis dan refleksi pada temuan, dan wawasan mengikuti kunjungan lapangan dapat menghasilkan evaluasi yang seimbang dan lebih holistik.

 7.  Documentation of Farmer Demonstrations 
Dokumentasi Demonstrasi Farmer (Documentation of Farmer Demonstrations). Anjangsana, yang telah sering digunakan oleh penyuluh untuk melaksanakan penyuluhan dan transfer teknologi, juga dapat digunakan untuk evaluasi teknologi tepat guna. Petani dan para pemimpin lokal dapat diajarkan untuk melakukan uji coba lapangan mereka sendiri, sehingga mendorong kebanggaan dan martabat masyarakat lokal yang dapat mentransfer teknologi yang tepat dengan menggunakan bahasa lokal mereka. Ketika petani memilih fokus penyelidikan mereka sendiri, mengumpulkan dan menganalisis data mereka sendiri, mereka lebih cenderung untuk mengadopsi teknologi yang tepat relevan dan efektif. LSM di Bolivia dan Peru telah mengembangkan alat standar dimana petani terlibat dalam situs-spesifik dokumentasi eksperimental dan pelaporan perbandingan hasil panen, menggunakan kalkulator sederhana (Ruddell, 1994). .

8.  Role Plays
Permainan peran (Role Plays). Meminta petani dalam pertemuan asosiasi petani atau dalam pertemuan desa untuk membuat sebuah drama atau role play yang menggambarkan proses interaksi penyuluh dengan desa pada praktek spesifik akan mengungkapkan berbagai data evaluatif pada hubungan sosial, relevansi pengetahuan ekstensi untuk pengetahuan lokal , dan peristiwa sejarah yang telah mempengaruhi solusi untuk masalah petani. 

9.  Maps 
Generasi peta dapat memberikan dasar untuk membuat penilaian tentang akses ke sumber daya penyuluhan dengan menunjukkan di mana kontak petani telah dibuat. Maps juga dapat dibuat untuk menunjukkan lokasi praktek pertanian berkelanjutan. Fakta-fakta ini dapat digunakan untuk mengevaluasi lingkup dan efektivitas upaya penyuluhan tentang praktek-praktek di daerah, DAS, atau wilayah geografis. Ketika akses peta dilapisi dengan peta peringkat sosial, penilaian dapat dibuat mengenai manfaat kelas sosial. Peta konsep yang dibuat bersama-sama antara petani dan penyuluh dapat memberikan penjelasan mengenai keberhasilan dan kegagalan upaya program khusus. Refleksi pada peta ini, dapat ditarik pada papan tulis atau di pasir, dapat mengungkapkan kontradiksi dalam asumsi dan harapan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan percobaan baru. Peta yang menunjukkan sebelum dan sesudah gambar penginderaan jauh fotografi dan dapat menjadi dasar untuk diskusi evaluatif tentang keberlanjutan praktek staf tani dan penyuluhan. Hal ini terutama relevan dengan penggurunan, penggundulan hutan, erosi tanah, dan status lahan basah dan habitat satwa liar. Data ini dapat membantu kegiatan penyuluhan langsung ke lingkungan yang paling berisiko, serta memberikan bukti tentang dampak positif kerjasama penyuluh dengan petani pada praktek sumber daya pertanian dan alam yang berkelanjutan.

10.  Case Studies
Studi Kasus (Case Studies). Untuk memahami motivasi petani atau calon kontak tani, studi kasus petani atau jenis praktek pertanian tertentu dapat dilakukan. Perbandingan antara petani yang telah menggunakan teknologi penyuluhan dan mereka yang tidak adalah jenis umum dari studi kasus. Tipologi mungkin didasarkan pada wilayah geografis, jenis tanah, dan budaya, usia, gender, dan perbedaan ekonomi. Studi kasus paling baik dibangun melalui wawancara berulang dari waktu ke waktu dan sering, di samping laporan diri, data dari orang-orang yang mengetahui subjek dengan baik. Sejarah lisan, log, dan jurnal dapat juga berkontribusi terhadap data studi kasus jika petani berkolaborasi dalam memproduksi studi kasus ini. Evaluator harus menjamin hak atas privasi dan kerahasiaan dari sumber mereka.

Disadur dari tulisan : David Deshler, 2013. Evaluating Extension Programmes, Cornell University, Ithaca, New York.