MEMILIH CONTENT MATERI DAN METODE
PENYULUHAN PERTANIAN YANG SESUAI
A. Content Materi
Masalah materi penyuluhan yang sesuai sangatlah penting dalam
proses penyuluhan, sebagian besar kinerja sistem penyuluhan tergantung pada
kesesuaian pesan yang disampaikan. Semakin sesuai pesan yang disampaikan, akan makin
baik hubungan antara penyuluh dan sasaran serta program penyuluhan pertanian lebih
mungkin akan didukung. Materi penyuluhan yang cocok untuk satu keluarga petani
mungkin tidak sesuai untuk keluarga tani yang lain, meskipun kedua keluarga berusaha
dalam zona agroekologi yang sama, atau teknologi apa yang cocok untuk satu wilayah
mungkin tidak sesuai untuk wilayah lainnya. Mengingat
argumen di atas, maka kesesuaian materi penyuluhan harus didefinisikan dalam lingkup
:
- Secara teknis layak atau dapat dilaksanakan (Technically feasible)
- Layak secara ekonomi (Economically feasible)
- Sesuai dengan kondisi sosial masyarakat (Socially acceptable)
- Aman bagi lingkungan dan berkelanjutan (Environmentally safe and sustainable)
A.1. Secara Teknis Layak
Dilaksanakan
Teknologi yang memiliki kelayakan secara teknis harus dipandang
dari dua perspektif, yaitu :
- Kemampuan petani untuk menghasilkan komoditas dalam lingkungan mereka, pada ini harus dibedakan antara teknologi yang hanya efektiv berlaku pada kondisi sistem produksi tertentu dan teknologi yang dapat berlaku efektiv pada semua kondisi (teknologi scaleneutral) sistem produksi pertanian;
- Apa yang dapat keluarga tani capai, bukan apa yang bisa dicapai di stasiun penelitian, pada perspektif ini haruslah dibedakan antara potensi teknologi dan kelayakan teknis. Potensi teknologi adalah output teruji teknologi tertentu dan tergantung pada faktor-faktor agronomi terkontrol. Sedangkan kelayakan teknis adalah apa yang dapat dicapai dalam lingkungan holistik dari keluarga petani, ini tidak terbatas hanya pada faktor teknis saja, tetapi juga untuk faktor sosial, ekonomi, dan politik yang mempengaruhi keluarga petani.
Dalam kondisi dimana lingkungan usaha tani petani kecil berbeda
dari lingkungan dimana sebuah teknologi dikembangkan, maka tak heran jika
produksi petani tidak dapat menyamai potensi produksi teknologi. Dalam situasi
seperti ini maka yang terpenting dalam penerapan teknologi adalah bukan pada
seberapa tinggi potensi hasil teknologi tersebut akan tetapi seberapa cocok
teknologi tersebut diterapkan pada kondisi nyata lingkungan usaha petani. Jika
teknologi cocok untuk diterapkan dalam kondisi yang ada maka barulah sebuah
teknologi tersebut dikatakan layak secara teknis.
A.2. Layak Secara Ekonomi
Kemampuan petani untuk menerapkan teknologi atau paket
teknologi ke dalam sistem pertanian memiliki implikasi ekonomi, dalam hal ini
terkait sumber daya manusia dan sumber daya keuangan harus menjadi
pertimbangan. Apakah petani memiliki sumber daya keuangan untuk membeli input
untuk mendapatkan manfaat dari teknologi? Apakah teknologi ini memerlukan tenaga
kerja tambahan, dan jika demikian, apakah tersedia dan terjangkau? Beberapa
teknologi Revolusi Hijau gagal diadopsi karena beberapa pengguna teknologi
tidak bisa membeli pupuk dan input lainnya yang membentuk bagian dari paket
teknologi.
Kelayakan ekonomi juga dapat dilihat dari sudut pandang
fungsi dalam sistem pertanian. Beberapa petani kecil pisang di Kepulauan
Windward dari Karibia Timur terus saja menanam pisang, meskipun mereka telah disarankan
agar tidak melakukannya. Alasan saran ini adalah bahwa, antara lain, erosi
tanah di lereng sangat curam dimana petani kecil menanam pisang dengan hasil
yang rendah sehingga membuat usaha budidaya pisang secara ekonomis tidak
menguntungkan. Namun, mereka berpendapat bahwa budidaya pisang memungkinkan
mereka untuk memiliki akses ke input yang dapat mereka gunakan untuk
meningkatkan profitabilitas tanaman lainnya dalam sistem pertanian mereka,
sehingga membuat sistem pertanian secara keseluruhan menguntungkan. Dengan
demikian, budidaya tanaman pisang dalam sistem ini dipandang oleh para petani tersebut
sebagai "fasilitator" tanaman dan bukan untuk keuntungan ekonomi
semata. Untuk petani, produksi pisang secara ekonomis dipandang layak dalam
sistem pertanian mereka.
A.3. Sesuai Kondisi Sosial Masyarakat
Secara teknis suatu teknologi mungkin bermanfaat dan
handal, akan tetapi mungkin bertentangan dengan norma-norma sosial dari
pengguna akhir teknologi tersebut atau bahkan menyebabkan ketidakseimbangan
sosial. Misalnya, di Zaire, upaya untuk meningkatkan produksi singkong dibatasi
oleh ketidakmampuan perempuan disana untuk menangani peningkatan hasil. Dengan
diperkenalkannya varietas singkong baru terjadi peningkatan hasil secara
signifikan, dengan adanya peningkatan hasil tersebut beban kerja perempuan disana
makin meningkat sejalan peningkatan hasil tersebut. Sehingga secara fisik tidak
mungkin lagi bagi mereka untuk menanganinya. Sebagai Akibatnya, keluarga petani
kembali ke budidaya varietas lokal, yang hasilnya lebih rendah.
Sehubungan dengan ketidakseimbangan sosial, dalam
beberapa kasus adopsi teknologi oleh kelompok-kelompok kecil individu telah
menghasilkan pergeseran kekuatan hubungan dalam masyarakat. Sebagai contoh,
Campbell (1982) menemukan bahwa di dataran tinggi Ardeche, Prancis, orang dari
antara kelompok petani yang mengadopsi traktor dan peralatan mekanis adalah
mereka yang menantang struktur walikota keluarga-linked yang ada.
Dalam konteks sosial, ada juga apa yang dapat disebut
kesesuaian situasional, yaitu, apa yang paling mungkin untuk diterima atau
ditolak oleh kelompok pada waktu tertentu. Misalnya, tidak bijaksana untuk
memperkenalkan program penyuluhan dengan tanaman atau komponen ternak yang
baru-baru mengalami kegagalan pasar, karena petani akan mengingat kegagalan
tersebut dan cenderung menolak program-program tersebut.
A.4.
Aman bagi Lingkungan
Sebuah program penyuluhan pertanian harus sadar akan efek
yang akan terjadi pada lingkungan. Komersialisasi hasil pertanian telah
meningktakan penggunaan pupuk dan bahan kimia pertanian secara berlebihan. Sebagaimana
diketahui bahwa sebagian besar bahan kimia memiliki efek negatif pada lingkungan
karena dapat mencemari air tanah dan dapat mengganggu rantai makanan. Misalnya,
burung yang memakan serangga terkena bahan kimia dapat menjadi terkontaminasi
dan bisa mati.
B.
Sasaran Penyuluhan Pertanian
Sasaran penyuluhan harus didefinisikan dalam konteks kerangka
kebijakan pertanian. Kerangka ini harus memberikan batas-batas untuk memilih,
dari kalangan kategori pengguna yang lebih luas, kelompok tertentu yang menjadi
sasaran. Mengingat lingkup pembangunan pertanian saat ini, kerangka kerja
seharusnya tidak hanya berbicara tentang petani kecil generik, tapi harus
secara khusus menyatakan kelompok - perempuan, pemuda, buruh tani, atau
kategori lain yang khusus untuk situasi yang sedang dipertimbangkan. Swanson,
Roling, dan Jiggins (1984) menyebutkan terdapat empat faktor utama pertimbangan
pengembangan teknologi tepat guna di
antara kelompok sasaran penyuluhan yaitu : faktor zona agroekologi, akses ke
sumber daya, jenis kelamin, dan usia serta kelompok etnis.
B.1. Zona Agroekologi
Langkah pertama dalam mengidentifikasi teknologi tepat
guna bagi sasaran penyuluhan adalah untuk memetakan wilayah tersebut menjadi
zona agroekologi. Pemetaan memungkinkan untuk identifikasi variabel agronomis
seperti jenis tanah, curah hujan, kemiringan, dan ketinggian, yang akan
mempengaruhi perkembangan teknologi spesifik lokasi.
B.2. Akses ke Sumber Daya
Dalam setiap zona, akan ada berbagai macam petani karena
faktor sosial ekonomi. Faktor-faktor ini menjelaskan perbedaan yang ada dalam
hal akses ke faktor-faktor yang memfasilitasi produksi yaitu : lahan, tenaga
kerja, modal, pasar, masukan, kepemilikan, dan informasi. Faktor-faktor ini
mempengaruhi petani untuk mengadopsi beberapa jenis inovasi. Swanson et al.
(1984) memberikan ringkasan faktor yang harus dipertimbangkan dalam
mengembangkan teknologi yang tepat untuk sasaran penyuluhan :
- Ukuran lahan (Land) : kecil, menengah, besar, jenis kepemilikan lahan: petani pemilik, tanah keluarga, penyewa atau bagi hasil;
- Pengairan (Water) : Irigasi, non irigasi;
- Buruh (Labour) : Keluarga, disewa (biaya dan ketersediaan), komunal, atau adat;
- Input (Inputs) : Ketersediaan benih unggul, bahan kimia pertanian, pupuk;
- Pasar (Markets) : Lokasi, ketersediaan penyimpanan dan transportasi;
- Modal (Capital) : Sumber dan biaya kredit, jenis agunan yang dibutuhkan, dan kemudahan memperoleh kredit;
- Informasi (Information) : Ketersediaan penyuluhan (pekerja rasio petani), kesesuaian teknologi;
- Pengaruh (Influence) : Kemampuan untuk mempengaruhi perkembangan teknologi, transfer teknologi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna seperti kontrol pengguna, klaim-membuat kapasitas.
B.3. Jenis Kelamin
Peran perempuan dalam produksi pertanian kini menjadi topik
isu. Beberapa studi telah mendokumentasikan kontribusi perempuan baik di sektor
ekonomi dan nonekonomi. Namun, dari kenyataan ini perlu ada gerakan untuk
aplikasi praktis dalam hal pengembangan dan masuknya teknologi tepat guna bagi
perempuan dalam program penyuluhan. Dengan demikian, harus dipertimbangkan
bahwa akses perempuan ke sumber daya dan teknologi yang efektif sering
terkendala oleh hambatan perbedaan gender (Feldstein & POATS, 1989). Pengakuan
juga harus diberikan kepada fungsi khususnya perempuan dilakukan dalam sistem
pertanian dan jadwal kerja mereka dalam lingkungan keluarga tani. Umumnya,
perempuan memainkan peran yang lebih besar dalam produksi tanaman pangan dari
tanaman-berorientasi ekspor, dan dalam sistem tanam mereka melakukan
tugas-tugas tertentu, misalnya, penyiangan, pemupukan, dan panen. Faktor-faktor
ini harus dipertimbangkan dalam mengembangkan teknologi yang tepat untuk
mengatasi hambatan perbedaan gender dalam lingkungan pertanian.
B.4. Umur
Di kebanyakan negara berkembang, sektor pertanian
merupakan sektor penting, bahkan menjadi sektor yang paling penting. Proporsi
signifikan kegiatan pertanian berlangsung di pedesaan dimana 20-80% penduduknya
hidup dipedesaan. Kondisi ini biasanya ditandai dengan tingkat pendidikan yang
rendah, ketrampilan rendah, terbatasnya kesempatan kerja, dan keinginan yang
kuat dari orang-orang muda untuk meninggalkan desa.
Penyuluhan
pertanian harus mempertimbangkan faktor usia sebagai karakteristik penting
untuk penargetan tidak hanya dari sudut pandang pemuda tetapi kategori usia
lainnya. Petani biasanya dianggap orang yang berstatus rendah karena rendahnya
tingkat teknologi yang digunakan dan kapasitas penghasilan yang rendah. Program
penyuluhan harus bertujuan untuk meningkatkan baik tingkat teknologi yang
digunakan maupun kapasitas penghasilan. Jika ini bisa dilakukan, maka ada
kesempatan baik bahwa orang-orang muda akan tetap mau tinggal di desa dan
bertani. Cara lain untuk mencapai tujuan di atas juga yang dapat dilakukan misalnya,
melalui program pendidikan yang memberikan keterampilan untuk menjadi
wiraswasta, hal ini dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah tingginya
minat migrasi penduduk ke kota. Ini pada gilirannya dapat mendorong kepala
rumah tangga untuk berinvestasi lebih di bidang pertanian, yang kemudian akan
cenderung mendorong para pemuda untuk tetap bertani dan tinggal di desa.
Campbell (1982), bekerja di antara masyarakat pedesaan di Perancis, menemukan
bahwa adopsi teknologi baru oleh kepala rumah tangga merupakan sarana yang dapat memotivasi para pemuda untuk
tetap tinggal di desa-desa. Di kebun di mana suksesi dijamin, hampir selalu ada
tingkat adopsi teknologi yang lebih tinggi.
B.5. Etnis Grup
Dalam masyarakat multiras, kelompok etnis harus ditargetkan
terpisah karena karakteristik sosial dan budaya yang berbeda. Bahasa, jenis
makanan, dan agama adalah beberapa karakteristik etnis. Dalam hal dimana terdapat
kelompok etnis berbeda di wilayah kerja penyuluhan pada wilayah atau zona yang
sama, program penyuluhan harus mencerminkan perbedaan ini.
C.
Memasukkan Kebutuhan Sasaran Dalam Program Penyuluhan
Rapid Rural Appraisal (RRA) dapat digunakan dalam
penelitian dan penyuluhan untuk menyediakan data agroekologi, biologi, dan
sosial ekonomi untuk mengidentifikasi masalah dan peluang untuk sasaran
penyuluhan. Untuk pemanfaatan yang efektif, kebutuhan harus dikategorikan
berdasarkan jenis kebutuhan, yaitu, apakah berbentuk kebutuhan material,
kebutuhan berbasis pengetahuan, atau kebutuhan dukungan infrastruktur. Sangat
penting memastikan apa sebenarnya kebutuhan prioritas sasaran sebelum menyusun program
penyuluhan pertanian.
Ttransfer teknologi yang tepat tidaklah cukup untuk
memastikan bahwa teknologi tersebut akan diadopsi. Menerapkan teknologi ke
dalam sistem pertanian yang ditargetkan dapat dibatasi oleh variabel lain yang
membutuhkan pertimbangan melalui proses mengidentifikasi. Misalnya, penggunaan
nematicide dapat meningkatkan hasil komoditi dengan menghancurkan nematoda
berbahaya, sehingga meningkatkan serapan hara dan hasil tanaman. Namun, karena
nematoda adalah organisme mikroskopis, kehadiran mereka di tanah sangat
dibutuhkan namun fungsi tersebut mungkin tidak begitu jelas bagi para petani
yang tidak memiliki pengetahuan untuk memahami mikroorganisme. Untuk itu penngetahuan
tentang suatu teknologi sangat penting disampaikan untuk meningkatkan peluang teknologi
untuk diadopsi.
Ada juga kasus di mana teknologi yang tepat tidak
diterima karena input tidak tersedia. Hal ini menunjukan bahwa sangatlah
penting mengidentifikasi kebutuhan pengguna secara luas yaitu pengetahuan,
sikap, keterampilan, kebutuhan ekonomi, dan dukungan kelembagaan terkait.
D. Pelaksanaan
program Penyuluhan
Sejumlah pendekatan yang berbeda dapat digunakan untuk melaksanakan
dan menyampaikan program penyuluhan.
Pendekatan yang dipilih oleh kelembagaan penyuluhan harus mencerminkan misi
yang ditentukan sebagai diartikulasikan oleh para pembuat kebijakan, tetapi
juga mungkin dipengaruhi oleh lembaga donor. Dalam analisis akhir, jenis
pendekatan yang digunakan akan tergantung terutama pada pertimbangan kebijakan,
termasuk sasaran yang akan dilayani, misi penyuluhan, dan pertimbangan
keuangan. Selain itu, jenis pendekatan yang diikuti secara langsung akan
mempengaruhi bagaimana program yang akan disampaikan di tingkat lapangan.
Pelaksanaan penyuluhan dilapangan terkait dengan
kesesuaian isi materi penyuluhan (content)
digunakan dalam pendekatan yang berbeda, Albrecht et al. (1989) berpendapat
bahwa semua pendekatan penyuluhan dapat diklasifikasikan dalam dua pendekatan
yaitu pendekatan teknologi produksi (production
technology approaches) dan pendekatan pemecahan masalah (problem-solving approaches). Pendekatan
teknologi produksi cenderung menekankan pada pencapaian target produksi tinggi
dari sasaran, teknologi yang digunakan dalam pendekatan ini lebih peduli dengan
isu-isu produksi daripada mengatasi masalah yang dihadapi oleh sasaran. Timmer
(1982) mengatakan bahwa pendekatan ini diarahkan untuk menghasilkan informasi technoeconomic dan mendukung petani
besar yang lebih komersial. Sedangkan
bagi para petani kecil karena situasi yang kurang beruntung tidak menerima
manfaat penuh dari pendekatan ini. Pendekatan komoditas-terfokus dan pendekatan
teknologi yang berpusat adalah contoh pendekatan teknologi produksi.
Dalam pendekatan pemecahan masalah, sasaran
berpartisipasi dalam mendefinisikan masalah mereka. Meskipun pendekatan ini
menggunakan informasi technoeconomic,
pertimbangan sosial ekonomi dari sasaran sangat menonjol sebagai isu penting. Bagi
petani kecil, hal ini memungkinkan untuk pengembangan konten yang lebih tepat.
Pelatihan dan kunjungan, dan RRA termasuk dalam kategori ini. Seperti yang
dinyatakan sebelumnya, sasaran penyuluhan adalah kelompok yang heterogen, orang
dibedakan oleh sumber daya, jenis kelamin, usia, dan etnis. Teori komunikasi
menunjukkan bahwa efek trickle down
inovasi pertanian jarang terjadi di antara kelompok-kelompok yang heterogen,
dan kalaupun terjadi, itu akan terjadi dengan kecepatan yang sangat lambat.
Mengingat hal ini maka sangat penting untuk mengidentifikasi kesamaan-kesamaan
kategori dalam kelompok sasaran untuk memfasilitasi transfer teknologi yang
efektif.
Oleh karena itu perlu strategi untuk mengembangkan
kelompok sasaran yang homogen untuk program sasaran penyuluhan. Kelompok-kelompok
sasaran ini harus dilakukan dalam kelompok-kelompok yang lebih luas yang sudah sudah
ditetapkan, yaitu, zona agroekologi, akses ke sumber daya, perempuan, pemuda,
etnis, akses informasi, dan usia. Untuk itu program penyuluhan harus
dikembangkan untuk setiap kategori yang ditargetkan (Swanson et al., 1984).
Misalnya, program khusus harus dikembangkan untuk wanita yang mengakui
pentingnya mereka dalam sektor pertanian, mempertimbangkan jaringan komunikasi
informal mereka, dan menganalisa jadwal kerja pertanian mereka. Dalam kasus
program yang diarahkan pada kelompok etnis, usaha harus ditargetkan pada faktor
sosial budaya yang membedakan kelompok. Bahasa, preferensi makanan, dan keyakinan
agama adalah salah satu poin penting yang harus dipertimbangkan. Selain itu,
penyuluh dalam program penyuluhan haruslah berpegang pada prinsip-prinsip proses
belajar dan pengetahuan tentang proses difusi.
E.
Metode Penyuluhan
Penyuluhan pertanian
sebagai proses pendidikan non formal, penyuluh harus diingatkan bahwa di atas
semua fungsi yang diemban mereka adalah seorang pendidik, dan dalam mengejar
fungsi itu, penyuluh perlu memahami prinsip-prinsip dasar belajar dan memahami
efektivitas beberapa metode pengajaran. Belajar difasilitasi oleh penggunaan
indera. Semakin banyak indera yang digunakan, semakin cepat terjadinya proses
pembelajaran. Penggunaan prinsip ini akan membantu penyuluh dalam memilih
metode yang akan memberikan pengalaman pendidikan bagi sasaran mereka. Hal ini
akan dicapai melalui pengaturan lingkungan dan penataan situasi sehingga mampu
merangsang jenis reaksi yang diinginkan. Belajar juga dikondisikan oleh
motivasi dan kemampuan sasaran sebagai peserta didik,. Sehingga penting untuk
menciptakan lingkungan yang kondusif untuk proses belajar, di mana sasaran
sebagai peserta didik menjadi lebih bertanggung jawab atas hasil dari
pengalaman mereka. Hal ini dapat dicapai melalui pemilihan metode pengajaran
dan alat bantu penyuluhan yang tepat. Semakin sedikit abstrak dalam sebuah
metode, semakin banyak pelajar yang akan berpartisipasi, dan akan lebih efektif
menjadi pengalaman pendidikan. Misalnya saja, jika petani belum dapat melakukan
suatu kegiatan secara efektif, maka akan jauh lebih efektif untuk menggunakan
metode demonstrasi daripada metode ceramah.
Pertimbangan penting lainnya dalam memilih metode penyuluhan
yang sesuai adalah pemahaman tentang proses adopsi. Lionberger (1968)
berpendapat bahwa proses adopsi terdiri dari lima tahap yang berbeda:
kesadaran, minat, evaluasi, percobaan, dan adopsi. Menurut Lionberger, individu
dalam proses adobsi melewati setiap tahap dalam jangka waktu tertentu. Lionberger
telah menunjukkan bahwa tahap-tahap ini
tidak begitu berbeda ketika ia pertama kali diusulkan dan bahwa beberapa tahap
dapat menjadi kental dalam proses kognitif individu, sehingga membuat mereka
dikenali sebagai perilaku yang dapat diukur dari waktu ke waktu.
Meskipun, dalam beberapa kasus, langkah-langkah dalam
proses adopsi mungkin tidak dikenali, namun model tersebut memberikan pedoman
yang berguna untuk memilih metode penyuluhan dalam penyampaian program.
Misalnya, pada tahap kesadaran, pengetahuan inovasi sangat penting untuk
individu. Penggunaan media massa merupakan metode yang dianjurkan karena mereka
dapat menjangkau banyak orang pada saat yang sama. Dalam menggunakan media
massa, penyuluh harus memperhatikan karakteristik khalayak sasaran yang
ditargetkan. Misalnya, dalam masyarakat multiras, sebuah kelompok etnis dengan
bahasa khusus mungkin memerlukan pemrograman dalam bahasa tersebut. Metode
lain, teater populer, meskipun menjangkau khalayak hanya lebih kecil, adalah
sarana yang sangat efektif untuk membangun kesadaran karena menggunakan bahasa
populer dan irama rakyat dalam menyajikan konten untuk pemirsanya.
Pada tahap kepentingan proses adopsi, pengetahuan merupakan
hal yang sangat penting, akan tetapi membangun sikap positif terhadap inovasi juga
menjadi masalah penting. Untuk alasan ini, metode penyuluhan yang digunakan
haruslah mencakup penguatan informasi dan membangun sikap sebagai tujuan utama.
Metode yang digunakan harus menggunakan indera pendengaran dan penglihatan,
baik secara individual maupun kolektif. Pertemuan kelompok, diskusi kelompok,
dan forum radio merupakan metode yang direkomendasikan untuk memperkuat
pengetahuan, sementara metode temu lapang dan karyawisata akan memungkinkan sasaran
untuk melihat apa yang telah mereka dengar, sehingga memberikan kesempatan
untuk membangun sikap yang diinginkan terhadap inovasi tersebut.
Evaluasi adalah tahap yang paling penting dalam proses
adopsi, karena hasilnya biasanya akan menentukan apakah seseorang melanjutkan
inovasi ke tahap percobaan dan adopsi inovasi atau tidak. Pada tahap evaluasi,
orang harus mencocokkan pengetahuan terhadap fakta-fakta. Petani harus yakin
bahwa apa yang mereka dengar dan lihat memang bisa diterapkan. Hasil
demonstrasi, pertukaran petani, dan temu lapang dianjurkan karena metode ini
memungkinkan individu untuk memperkuat keinginan adobsi mereka dengan melihat
bukti nyata yang ada. Dalam kelompok metode ini, pertukaran petani merupakan
metode yang sangat penting. Dalam memilih petani untuk pertukaran haruslah
petani yang lebih maju dalam proses adopsi dan dalam kelompok referensi yang
sama sebagai petani yang mengunjungi. Dengan adanya pengalaman yang dilihat
memungkinkan untuk menghilangkan keraguan-raguan dalam mengadobsi inovasi.
Beberapa pelatihan keterampilan mungkin diperlukan pada tahap ini untuk
memfasilitasi dan mendorong perkembangan individu ke tahap pengambilan
keputusan mengenai inovasi.
Pada tahap uji coba, keterampilan teknis dan manajemen
petani harus menjadi faktor utama yang akan ditargetkan. Kunjungan perorangan
menjadi metode yang paling tepat pada tahap ini, dan kebutuhan individu petani
haruslah dipertimbangkan. Ini berarti bahwa penyuluh harus mengembangkan
rencana untuk setiap keluarga tani atau kelompok petani dalam situasi yang
sama. Penyuluh harus ingat bahwa, meskipun petani mengadopsi teknik serupa yang
mirip, masalah yang dialami tidak selalu sama. Pada tahap ini, metode untuk
memperkuat minat petani dengan menggunakan pertukaran petani dan pelatihan
keterampilan dapat berguna dalam membantu individu untuk terus mengadopsi.
Setelah petani mulai mengadopsi inovasi, penyuluhan harus
terus mendukung upaya mereka. Program pengenalan dan persaingan petani dapat
digunakan untuk mendorong petani untuk terus mengadopsi. Tujuan dan kriteria
untuk metode ini harus hati-hati dikembangkan agar tidak membawa efek negatif
karena perencanaan yang buruk akan berakibat pada pelaksanaan yang buruk pula.
Metode yang direkomendasikan untuk berbagai tahap adopsi
diringkas dalam Gambar 1. Untuk mencapai hasil yang maksimal dari metode yang
dipilih pada tahapan yang berbeda, penyuluh harus membawa menanggung pemahaman
mereka tentang proses pembelajaran. Misalnya, dalam pertemuan kelompok penyuluh
dapat menggunakan metode ceramah, yang didukung dengan video, dan diikuti
dengan diskusi kelompok.
Dalam analisis akhir, metode yang dipilih akan tergantung
pada tujuan, sumber daya, hubungan klien, dan keterampilan penyuluh di satu
sisi, dan pada tingkat pendidikan dan ukuran kelompok sasaran di sisi lain.
Misalnya, jika penyuluh tidak memiliki kemampuan untuk mengatur dan
memfasilitasi pertemuan kelompok, maka penyuluh akan menghindar dari
penggunaannya. Atau jika penyuluh tidak memiliki kendaraan, maka penyuluh
mungkin tidak dapat untuk melakukan kunjungan pertanian sesering mungkin yang
diinginkan atau dibutuhkan. Juga, jika konstituensi petugas penyuluhan ini
sangat besar, maka mungkin menjadi tidak praktis bergantung terlalu banyak pada
kunjungan individu.
Sebagai panduan dalam pemilihan metode penyuluhan, Van
Den Ban dan Hawkins (1985) memberikan kriteria untuk menilai penggunaan metode
yang sesuai :
- Apakah metode yang dipilih sesuai dengan perubahan yang diinginkan dari pengetahuan, keterampilan, sikap, atau perilaku?
- Apakah kegiatan pendidikan jelas ditetapkan sehingga dapat diketahui apakah petani akan melihat, mendengar, mendiskusikan, dan melaksanakan?
- Apakah metode yang berbeda terintegrasi sedemikian rupa sehingga dapat saling memperkuat satu sama lain?
- Apakah skala waktu yang direncanakan memungkinkan untuk melaksanakan semua kegiatan ini dengan baik?
- Ketika memilih kegiatan belajar, penyuluh memiliki cukup dipertimbangan akan kebutuhan, keterampilan, dan sarana kelompok sasaran?